Biaya Pemilukada Cianjur 43,5 Milyard

Posted: October 7, 2010 in Berita Pemilukada Cianjur
Tags:

Biaya pelaksanaan Pilkada Cianjur, Jawa Barat, Januari 2011, akhirnya ditandatangani sebesar Rp 43,5 miliar untuk dua kali putaran.
Ketua KPU Cianjur Unang Margana, di Cianjur, Kamis mengatakan, dana yang disepakati itu cukup besar, bahkan tidak tertutup kemungkinan akan memicu tanda tanya besar bagi pihak-pihak tertentu mengingat di Cianjur masih banyak sektor yang membutuhkan biaya.
“Biaya sebesar itu akan digunakan untuk membiayai seluruh tahapan pelaksanaan. Agar tidak menjadi polemik nantinya, kami minta semua elemen masyarakat turut aktif membantu mengawal penggunaannya,” kata Unang seusai acara penandatanganan MoU biaya kampanye antara Bupati Cianjur H Tjetjep Muchtar Soleh dan Ketua KPU Cianjur.
Menurut dia, biaya sebesar itu bisa digunakan untuk membiayai pelaksanaan pilkada sebanyak dua putaran.
Dia mengatakan, untuk putaran pertama dibutuhkan biaya sebesar Rp 30,9 miliar dan putaran kedua sebesar Rp 12,6 miliar.
“Minggu ini kami akan segera mulai mengadakan perekrutan petugas penyelenggara Pemilukada tingkat kecamatan dan desa,” katanya.
Sedangkan tahapan awal akan dilaksanakan pekan kedua bulan Juli. Sementara pelaksanaan pemilihan dijadwalkan akan berlangsung pekan kedua Januari 2011.
Sementara itu, Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh mengatakan, total biaya yang akan digunakan memang besar.
Ia menyatakan, dengan biaya sebesar itu diharapkan Pilkada 2011 dapat berjalan lancar tanpa diwarnai tindakkan yang merugikan kepentingan umum.
“Harapan kami pemilukada berlangsung satu putaran agar tidak memakan biaya besar. Lebih baik sisanya dipakai untuk kepentingan umum seperti membangun jalan,” kata dia sambil tersenyum.

Leave a comment