3 Cara Murah Menyuarakan Pesan Kampanye

Posted: October 7, 2010 in Artikel Pemilukada Cianjur
Tags:

Sebagian besar uang kampanye politik dihabiskan untuk mengkomunikasikan pesan kepada para pemilih. Karena pemilih yang akan membuat keputusan pada hari pemilihan, maka komunikasi dengan pemilih adalah hal paling penting dalamkampanye politik. Suatu hal yang lumrah bila kampanye menghabiskan sebagian besar anggaran untuk berkomunikasi dengan para pemilih.

Iklan TV, iklan radio, dan surat langsung merupakan media komunikasi yang paling valid. Namun celakanya, ketiga cara tersebut merupakan cara yang paling mahal untuk berkomunikasi dengan pemilih. Dengan demikian kandidat “kecil” yang tidak punya cukup dana akan kehilangan peluang untuk bisa berkomunikasi dengan efektif dengan pemilih.

Namun demikian kandidat “kecil” tidak perlu patah arang, hari ini kami menyajikan tiga cara murah untuk menyampaikan pesan politik Anda kepada pemilih:

1. Online
Ini mungkin tampak jelas untuk menggunakan Internet untuk menyampaikan pesan kepada pemilih. Tetapi dalam pengalaman saya, sebagian besar kampanye tidak mengenai online “sweet spot”. Sebagian mengabaikan kekuatan jaringan sosial online. Sebagian besar terlalu bergantung pada internet untuk semua usaha mereka, memiliki beberapa blog yang dikelola secara profesional, menggunakan kekuatan jejaring sosial Facebook, Twiter dan situs jejaring sosial lainnya.

Sebenarnya, untuk sebagian besar kampanye politik, situs web kampanye, kampanye pemasaran e-mail, dan situs jejaring sosial harus berfungsi sebagai kaca pembesar untuk semua usaha Anda yang lain, dan bukan pengganti.
Hanya sedikit kampanye yang memiliki kemampuan untuk memindahkan sebagian besar pemilih mereka melalui internet. Sebaliknya, kampanye yang cerdas akan memanfaatkan aktifitas online mereka dan kehadiran media sosial untuk membuat orang lebih banyak hadir di acara-acara mereka, menemukan lebih banyak relawan untuk usaha penjangkauan mereka, dengan cepat menyiarkan berita yang baik dan menanggapi serangan, dan bisa juga aktifitas online untuk penggalangan dana.

Dengan kata lain, kehadiran online Anda harus memperbesar apa yang Anda sudah melakukan offline, dan menambahkan beberapa peluang baru yang secara ketat online. (Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik: Jurus Jitu Strategi Kampanye Lewat Internet).

2. Organisasi Akar Rumput
Begitu Anda membangun satu organisasi akar rumput, apa yang harus Anda lakukan dengan itu? Salah satu manfaat pasukan akar rumput adalah Anda dapat menyampaikan pesan Anda kepada pemilih dengan murah. Relawan Anda, tokoh setempat, pemimpin lingkungan, merupakan sumber daya untuk menyebarkan pesan kampanye lebih jauh dan lebih luas.

Anda dapat mengadakan pertemuan dengan para pemimpin akar rumput lokal, melakukan perjalanan safari, menyelenggarakan sebuah acara, atau pergi dari pintu ke pintu. Rencanakan untuk bertemu dengan para tokoh lokal, pemimpin lokal. Pastikan mereka paham benar akan pesan kampanye politik Anda. Adakan sesi pelatihan, buat mereka kompeten, dan kemudian kirim mereka keluar untuk menyebarkan berita. (Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca: 5 Rahasia Sukses Organisasi Akar Rumput).

3. Press Coverage
Ketika kampanye lokal memikirkan Press Release, atau untuk mendapatkan liputan pers, yang terlintas di benak adalah stasiun televisi nasional… dan lalu cepat-cepat menepis bahwa tidak ada cara mereka bisa mendapatkan liputan di outlet tersebut, dan memutuskan untuk tidak melakukan siaran pers atau upaya Press Release.

Untuk kampanye lokal, mendapatkan liputan pers bukan tentang masuk ke media besar nasional. Ini tentang masuk ke koran lokal Anda, dan media lokal lainnya baik radio lokal, maupun televisi lokal bila ada.

Mendapatkan liputan pers merupakan cara terbaik untuk menyebarkan pesan Anda, secara gratis. Luangkan waktu untuk mengenal wartawan lokal. Mengirimkan siaran pers. Tulis artikel tentang isu-isu penting untuk koran lokal. Panggilan untuk berbicara di radio. Upaya seperti ini biasanya mulai lambat, tapi benar-benar bisa sepadan pada akhirnya.

Jika Anda memanfaatkan ketiga cara tersebut secara maksimal, Anda akan terkejut dengan hasilnya. Pesan kampanye politik Anda akan sampai pada pemilih. Komunikasi politik dengan pemilih akan jauh lebih efektif. Dan strategi kampanye yang Anda susun dapat menjadi lebih tajam.

Sumber : http://www.utuhtaedini.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s